CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
Tips Makan Enak Tapi Tetap Sehat Selama Lebaran

Tips Makan Enak Tapi Tetap Sehat Selama Lebaran

Recipe
Recipe
Monday, 19 Jun 2017

Lebaran sangat identik dengan kegiatan silaturahmi, plus jamuan berbagai makanan enak, misalnya opor, ketupat, dan berbagai jenis kue manis. Ingat, sebaiknya kendalikan diri Anda sebelum masalah kesehatan yang serius datang menyerang.

Nah Milk Lover, agar Anda tetap bisa menikmati makanan enak tanpa khawatir dengan risiko penyakit khas hari raya, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

Gunakan Piring Kecil

Makin besar ukuran piring yang diambil, kemungkinan Anda pun akan mengambil porsi makanan yang jauh lebih besar. Itu baru satu kunjungan, bagaimana dengan kunjungan lainnya?

Nah, supaya terhindar dari jebakan makanan lezat yang mengundang Anda makan secara berlebih, sebaiknya akali masalah ini dengan mengambil piring berukuran kecil. Dengan piring kecil, Anda pun akan cenderung mengambil makanan dalam porsi yang kecil.

Selektif Memilih Makanan

Dari semua jenis makanan yang disajikan di hari Lebaran, tentu ada beberapa makanan yang memang sebaiknya Anda batasi, misalnya jenis makanan yang digoreng, makanan bersantan dan berlemak.

Selain bisa menyebabkan lonjakan kolesterol, makanan-makanan tersebut dituding sebagai biang pemicu masalah pencernaan. Selain itu, batasi juga makanan dengan campuran gula tinggi, makanan dengan pengawet buatan dan jenis minuman bersoda.

Batasi Karbohidrat Kompleks

Ketupat merupakan jodohnya opor. Selain ketupat, ada juga yang menyajikan lontong, nasi putih, beragam jenis kue dan lainnya. Hati-hati, makanan-makanan tersebut merupakan jenis karbohidrat sederhana yang bisa membuat Anda mudah lapar kembali, dan tergoda makan secara berlebih.

Solusinya, fokuslah kepada makanan-malanan dengan kandungan protein, serat dan tinggi vitamin, seperti salad buah, sayuran, buah-buahan kering dan lainnya.

Makan Perlahan

Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk meredam keinginan makan secara berlebih, salah satu caranya dengan makan secara perlahan.

Cara ini tidak hanya ampuh untuk membuat Anda lebih menikmati makanan, tapi juga efektif untuk membuat perut lebih cepat kenyang, sehingga Anda pun tidak tergoda untuk nambah lagi menu Lebaran yang ada di depan mata.

Buah-buahan dan Air Putih

Imbangi konsumsi makanan lezat khas Lebaran dengan konsumsi buah-buahan segar dan air putih dalam jumlah cukup. Selain itu, Anda pun disarankan untuk berkeliling komplek dengan berjalan kaki. Hal ini dibutuhkan agar agar kalori yang masuk bisa terbakar sempurna.

Terakhir, pastikan kebutuhan Istirahat tercukupi. Dengan cara ini, Anda bisa menikmati Lebaran dengan menu makanan lezatnya, tanpa perlu khawatir dengan masalah kesehatan.

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya