CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
Susu Mentah, Apa Saja Bahayanya?

Susu Mentah, Apa Saja Bahayanya?

Manfaat Susu
Manfaat Susu
Monday, 19 Jun 2017

Belakangan ini tren mengonsumsi raw milk sedang menjadi tren dikalangan pencinta susu. Konon katanya, dengan mengonsumsi susu yang masih murni ini, kandungan nutrisi yang akan didapat akan jauh lebih sempurna ketimbang susu yang sudah melewati proses pengolahan.

Benarkah itu?

Perlu diingat, raw milk atau susu mentah, merupakan susu yang langsung diambil dari induk sapi tanpa diolah terlebih dahulu. Tentu saja susu jenis ini masih mengandung bakteri, spora dan jamur yang mungkin saja didapat selama proses pemerahan.

Dengan fakta di atas, bisa disimpulkan jika konsumsi susu mentah berisiko membuat Anda mengalami masalah kesehatan. Bahkan United States Centers for Disesase Control and Prevention (CDC) dan Food and Drug Administration (FDA), melarang keras kebiasaan mengonsumsi susu mentah ini.

Dalam laporannya, CDC menyebut jika dalam susu mentah terdapat setidaknya 81 wabah bakteri berbahaya. Bahkan karena kebiasaan sehat yang salah kaprah ini, dalam kurun waktu tahun 2007 s/d 2012, sekitar 1000 orang harus mengalami keracunan dan masalah pencernaan.

Sementara itu, dilansir dalam CNN, profesor nutrisi di Bastyr University dan Bastyr Center for Natural Health, Kelly Morrow, menyebut jika dalam susu mentah, terdapat beberapa bakteri yang cukup berbahaya, terutama listeria, E-coli, dan salmonell.

Bagi orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, serangan bakteri ini mungkin hanya menyebabkan masalah pencernaan saja. Tapi bagi anak-anak dan ibu hamil, bakteri listeria, E-coli, dan salmonell, bisa menimbulkan efek yang cukup mengerikan.

Lantas, susu apa yang terbaik untuk dikonsumsi?

Mengenai hal ini, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi susu UHT atau Ultra-high ​T​emperature ​P​rocessing. Sesuai dengan namanya, susu jenis ini dipanaskan dalam suhu hingga 135 derajat celcius, dalam waktu yang tak lebih dari 3 detik.

Dengan pengolahan yang sangat singkat dan suhu yang sangat tinggi ini, beragam bakteri, spora dan jamur di dalamnya akan mati, tanpa harus menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya.

Singkat kata, susu UHT memberikan nutrisi yang sama dengan susu mentah, tapi dipastikan aman karena sudah terbebas dari bakteri, spora dan jamur di dalamnya. So, ketimbang mengambil risiko dengan mengonsumsi susu mentah, mending kita konsumsi susu UHT saja. Setuju Milk Lovers?

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya