CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
Manfaat Menambahkan Susu Pada Menu Sahur

Manfaat Menambahkan Susu Pada Menu Sahur

Manfaat Susu
Manfaat Susu
Friday, 02 Jun 2017

Sebagai salah satu sumber nutrisi terbaik dan terlengkap, susu merupakan minuman penyempurna yang wajib dikonsumsi setiap hari. Kandungan protein dalam susu tergolong sangat tinggi dan lambat dicerna tubuh, sehingga sangat efektif untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Menurut , dokter spesialis gizi klinik, susu merupakan minuman yang wajib Anda konsumsi saat sahur dan buka puasa. Selain alasan tersebut, ada beberapa alasan lainnya kenapa Anda wajib mengonsumsi susu saat makan sahur dan saat berbuka puasa.

  • Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama berpuasa, terutama untuk memenuhi kebutuhan kasium dan protein.
  • Memotivasi untuk bangun dan makan sahur. Alasannya, susu merupakan minuman yang sangat menarik dengan rasa yang sangat lezat.
  • Kandungan protein dan kalsium dalam susu termasuk sangat tinggi. Bahkan hampir 30 persen kebutuhan kalsium dan protein harian, bisa didapat dari segelas susu.
  • Susu mengandung nutrisi yang cukup lengkap, terutama vitamin A dan B12. Selain itu, susu pun mengandung fosfor, magnesium dan nutrisi penting lainnya.
  • Susu tergolong mudah diserap tubuh sehingga sistem pencernaan tidak perlu bekerja keras untuk mengambil seluruh kandungan gizi di dalamnya.
  • Minum susu akan membuat Anda kenyang lebih lama dan mampu memberi tenaga yang maksimal sebagai bekal aktivitas harian.

Tapi harus dicatat, susu yang disarankan untuk dikonsumsi adalah produk susu UHT. Pasalnya, susu yang diolah dengan cara dipanaskan dalam suhu tinggi dan dalam waktu singkat ini, punya kandungan nutrisi yang setara dengan susu murni, tapi dipastikan sudah bebas bakteri, spora dan jamur.

Prioritaskan gizi seimbang

Dalam pola makan sehat, susu merupakan penyempurna dari seluruh asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu, pedoman gizi seimbang harus tetap dilaksanakan, seperti menambahkan asupan serat tinggi, karbohidrat kompleks dan vitamin.

Untuk menu sahur, sangat disarankan Anda mengisi setengah piring dengan makan sumber karbohidrat, seperti nasi merah, kentang rebus, roti gandum utuh dan lainnya. Sementara setengahnya lagi, Anda bisa mengisinya dengan sayur, ikan dan lauk pauk lainnya.

Di luar itu, sebaiknya konsumsi juga buah-buahan segar, terutama pisang, alpukat, semangka, apel dan lainnya. Dengan menu yang sempurna, Anda pun bisa lebih tenang menjalankan ibadah puasa tanpa khawatir dengan masalah gizi. Selamat berpuasa Milk Lovers!

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya