Agar efektif, belajar butuh konsentrasi yang tinggi. Dengan konsentrasi, kamu akan lebih mudah menyerap materi pelajaran yang sedang dihafal, kemudian menyimpannya di memori dengan sangat kuat. Alhasil, kamu pun akan menjelma jadi anak yang berprestasi.

Nah jika kamu termasuk anak yang sulit berkonsentrasi saat belajar, sebaiknya atasi dengan beberapa trik berikut ini.

Jauhkan Gadget

Saat belajar, sebaiknya jauhkan gadget. Pasalnya, saat ada gadget di dekatmu, sangat mungkin notifikasi dari sosial media terus mengganggu dan membuyarkan konsentrasi. Ini belum termasuk rasa penasaran dengan game di handphone yang belum sempat kamu selesaikan.

Bagaimana jika hanya mematikannya atau di-silent saja? Beberapa pakar setuju jika cara ini kurang efektif karena godaan memainkan gadget sangat sulit ditolak siapapun.

Siapkan Camilan

Sebelum belajar, sebaiknya pastikan kondisi perut kamu tidak terlalu kenyang, tidak pula terlalu lapar. Perut yang lapar akan membuat kamu sulit konsentrasi karena pasokan energi menuju otak terhambat, sementara saat terlalu kenyang, kamu akan malas belajar karena terlalu mengantuk.

Untuk mengatasi ini, sebaiknya siapkan camilan. Tapi ingat, pilih camilan sehat, seperti jagung rebus, kacang panggang, buah-buahan, dan lainnya.

Cukup Istirahat

Tubuh yang sudah sangat lelah, tidak hanya berpengaruh kepada fisik saja, tapi menyebabkan otak kamu pun sulit konsentrasi. Akibatnya, kamu akan sulit konsentrasi selama belajar, dan membuat semua pelajaran yang sedang dihafal sulit nempel di memori otak.

Untuk solusinya, pastikan kamu sudah cukup istirahat sebelum belajar. Bisa dengan tidur siang dulu, atau bersantai sejenak untuk mengembalikan stamina yang sudah terkuras.

Jangan SKS (Sistem Kebut Semalam)

Sistem Kebut Semalam atau dikenal dengan SKS bukanlah cara efektif untuk belajar. Pasalnya, kamu akan sulit konsentrasi karena merasa terburu-buru. Lebih parahnya lagi, konsisi ini pun bisa membuat kamu terkena serangan panik yang membuat kamu berada dalam konsisi serba sulit.

Idealnya, luangkan waktu selama 15-30 menit per malam untuk belajar agar kamu lebih santai, dan belajar pun jadi lebih efektif. Selamat belajar Milk Lovers!