CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
Sering Hamil? Ini yang Terjadi Pada Plasenta!

Sering Hamil? Ini yang Terjadi Pada Plasenta!

Tips Kesehatan
Tips Kesehatan
Saturday, 13 May 2017

Kata orangtua dulu, banyak anak banyak rezeki. Dengan kata lain, kita sangat disarankan untuk memiliki banyak anak. Tapi bagaimana dari segi medis? Usut punya usut, sering hamil ternyata nggak baik lho bagi kesehatan, bahkan berpotensi meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

Menurut Dr Boy Abidin, SpOG(K), dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, menyebut jika orang yang sering hamil dan melahirkan, berisiko mengalami komplikasi, salah satunya gangguan plasenta.

Hitungannya, dalam kehamilan normal, posisi plasenta seharusnya menempel di bagian atas dinding rahim. Tapi karena sudah mengalami kerusakan akibat sering hamil dan melahirkan, kondisi ini bisa membuat plasenta tumbuh di sembarang tempat, bahkan bisa menembus dinding rahim.

Kenapa sih plasenta bisa menempel di sembarang tempat?

Sederhana saja. Menurut dr Boy, secara teori plasenta akan menempel di tempat dengan aliran darah terbaik. Saat hamil anak pertama, plasenta akan tumbuh di tengah. Setelah itu, anak kedua plasenta akan bergeser ke kiri atau kanan, kemudian anak ketiga semakin geser dan seterusnya.

Nah, saat anda sudah punya anak banyak, plasenta pun akhirnya terbentuk tidak normal dan posisinya menempel dimana saja. Kondisi inilah yang mengundang risiko, contohnya seperti bayi berisiko besar terlilit tali pusar, sulit melahirkan karena bayi terhalang plasenta dan lainnya.

Idak ampak paling fatal, plasenta yang tidak tumbuh di tempat yang semestinya adalah, terjadi keguguran dan masalah kehamilan lainnya.

Inilah alasan kenapa kontrol kehamilan merupakan hal yang wajib dilakukan. Harapannya, saat melihat potensi kehamilan bermasalah, dokter akan langsung melakukan upaya antisipasi sejak dini. Bahkan jika sangat berisiko bagi ibu hamil, aborsi bisa jadi jalan terakhir.

Bagaimana cara menjaga kehamilan agar selalu sehat?

Buat anda yang masuk dalam kategori kehamilan berisiko, ataupun di luar kondisi tersebut, kontrol kehamilan merupakan hal yang wajib anda lakukan, minimalnya per trimester selama masa kehamilan, dan sebulan sekali saat memasuki trimester akhir masa kehamilan

Jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat, terutama makanan yang mengandung protein, kalsium, kalium, magnesium, zat besi dan berbagai nutrisi penting lainnya. So, sudah punya target berapa anak yang ingin anda miliki?

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya