CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
Mau Bikin Teh Tarik Pekat Mantap? Intip Yuk Rahasianya!

Mau Bikin Teh Tarik Pekat Mantap? Intip Yuk Rahasianya!

Recipe
Recipe
Thursday, 11 May 2017

Buat kamu penggemar teh susu, sudah tentu tidak asing lagi dengan yang namanya teh tarik. Yup, minuman yang populer Malaysia dan Aceh ini dikenal karena punya cita rasa manis yang pekat dengan rasa teh yang begitu kental.

Di Malaysia sendiri, biasanya teh tarik disajikan di kedai-kedai mamak (India Muslim) bersama dengan camilan roti canai atau kaya toast. Sedangkan di Indonesia, biasanya sajian minuman spesial ini mudah ditemui di kopi tiam, rumah makan atau restoran-restoran khusus.

Dalam prakteknya, terkadang teh tarik sendiri disajikan dalam 2 varian, yakni teh tarik hangat yang sering dicampur dengan jahe, atau teh tarik dingin dengan tambahan es yang menyegarkan.

Rahasia teh tarik pekat

Walaupun begitu, bukan berarti kamu nggak bisa membuat teh tarik sendiri. Jangan khawatir untuk masalah rasa, dengan trik ampuh yang dibocorkan beberapa peracik teh tarik, kamu bisa kok membuat teh tarik yang pekat dengan rasa super mantap.

Kunci pertama racikan teh tarik pekat adalah, hitungan perbandingan antara teh dan air. Biasanya, perbandingan teh dan air sekitar 3:9. Selain itu, rahasia lainnya adalah, teh ini harus dituang dan disaringnya dua kali untuk menghasilkan teh yang pekat.

Rahasia lainnya, tiap teh tarik harus diracik dalam gelas mungil. Caranya, pertama kamu bisa masukan dulu susu kental manis. Setelah itu baru masukan susu UHT dan gula pasir secukupnya. Terakhir, baru kamu bisa masukan teh hitam sebagai penyempurna.

Setelah diracik dalam gelas kecil, barulah teh dituangkan ke dalam gelas yang lebih besar. Cara menuangnnya pun dilakukan dengan gaya seperti menarik. Pertama, dekatkan kedua gelas kemudian tarik sedikit demi sedikit hingga jarak antara dua gelas cukup berjauhan.

Lakukan secara berulang untuk menghasilkan permukaan teh yang berbusa. Kalau racikannya tepat, biasanya dalam 2-3 tarikan saja, busa yang dihasilkan sudah cukup banyak dan semua bahan sudah tercampur sempurna.

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan es batu untuk varian teh tarik dingin. Sementara untuk varian teh tarik hangat dengan jahe, biasanya jahe yang digunakan sudah dicampur saat meracik teh tadi. Selamat Milk Lovers, teh tarik super pekat pun sudah siap dihidangkan!

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya