CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
Waduh, Penelitian Buktikan Gadget Bikin Anak Kurang Tidur!

Waduh, Penelitian Buktikan Gadget Bikin Anak Kurang Tidur!

Fun Fact
Fun Fact
Saturday, 06 May 2017

Banyak penelitian yang membuktikan jika gadget punya pengaruh buruk untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak. Salah satunya riset yang dilakukan University of London yang mewawancarai sebanyak 715 orang tua dari anak berusia di bawah 3 tahun.

Dalam penelitian ini, mereka ditanya tentang berapa lama anak-anak diperbolehkan bermain ponsel atau tablet, kemudian ditanya kaitan gadget dengan pola tidur mereka.

Dan hasilnya, 75 persen responden mengaku jika anak mereka menggunakan gadget dengan layar sentuh hampir 51 persen waktu hariannya. Bahkan mereka sudah mendapatkan gadget sendiri sejak berusia 6-11 bulan, dan 92 persen anak-anak mendapatkan gadget diusia 25-36 bulan.

Yang paling mengkhawatirkan, hasil penelitian ini pun kemudian menyimpulkan jika, semakin lama anak-anak bermain gadget, pola tidur mereka pun akan berantakan. Mereka cenderung sulit tidur di malam hari, dan kerap mengantuk saat siang hari.

Jika dikalkulasikan, anak-anak kehilangan 15 menit durasi tidur malam mereka, demi bermain gadget selama 1 jam. Itu artinya, makin lama anak-anak bermain gadget, otomatis makin panjang pula waktu tidur yang mereka buang dengan percuma.

Dalam keterangannya, Dr Tim Smith, ketua tim peneliti, seperti dilansir dalam BBC, perbandingan 15 menit dengan waktu bermain anak memang tidak seberapa. Tapi berhati-hatilah dengan dampak jangka panjang saat si kecil dibiarkan asyik sendiri bermain gadget.

Walaupun begitu, penelitian yang sama pun menyebut jika anak yang terbiasa menggunakan gadget layar sentuh, diketahui mengalami percepatan kemampuan motorik ketimbang anak-anak yang jarang memegang gadget layar sentuh.

Selain itu, mereka pun punya daya imajinasi dan punya tingkat kepercayaan diri yang lebih baik. Dengan kata lain, ada plus dan minus yang diterima oleh anak-anak saat mereka aktif bermain gadget.

Terus, gimana dong solusinya?

Mengenai hal ini, Dr Smith menyarankan anda untuk membatasi waktu bermain gadget anak-anak. Sehari, maksimal anak-anak boleh bermain gadget selama 2-3 jam. Selebihnya, dorong si kecil untuk lebih aktif secara fisik dengan permainan-permainan outdoor.

Dengan tenaga yang sudah terkuras habis dengan aktivitas fisik selama seharian penuh, dijamin si kecil akan tidur lebih lelap, dan perkembangannya pun bisa berjalan lebih maksimal. Selamat mencoba!

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya