CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
Ini Alasan Kamu Harus Minum Susu dan Makan Ikan Saat Hamil

Ini Alasan Kamu Harus Minum Susu dan Makan Ikan Saat Hamil

Tips Kesehatan
Tips Kesehatan
Monday, 01 May 2017

Nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, tentu lebih banyak ketimbang asupan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari. Tujuan akhirnya, seluruh asupan nutrisi yang cukup dimaksudkan agar pertumbuhan janin optimal, dan ibu pun tetap sehat hingga masa persalinan nanti.

Dilansir dalam NDTV, setidaknya adalah 3 nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil, salah satunya adalah protein. Selama masa kehamilan, nutrisi ini sangat penting untuk membantu pembentukan organ janin dan plasenta, mengurangi rasa lelah saat hamil dan menurunkan risiko stres fisik.

Ironisnya, sebuah penelitian terbaru menyebut jika 90 persen wanita hamil di India, dinyatakan kekurangan protein. Padahal untuk mencukupi kebutuhan protein harian, sumber protein yang dibutuhkan cukup sederhana, yakni daging dan telur.

Bagaimana dengan ikan dan susu?

Pada dasarnya ikan dan susu merupakan sumber protein terbaik. Cuma bedanya, susu merupakan makanan dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi. Bahkan sejumlah penelitian menyebut jika susu merupakan sumber kalsium terbaik diantara semua sumber kalsium yang ada.

Mengenai kehamilan, kalsium sangat berguna untuk memaksimalkan pembentukan tulang janin, melindungi janin, dan tentu saja menjaga tabungan kalsium tetap maksimal. Agar kalsium bisa terserap dengan maksimal, sebaiknya anda pun wajib menambah konsumsi vitamin D harian.

Sementara ikan, kandungan utama dari sumber protein yang satu ini adalah, asam lemak Omega-3 yang cukup melimpah. Selain memenuhi keutuhan protein harian, Omega-3 berfungsi untuk memaksimalkan petumbuhan otak janin.

Selain protein, Ibu hamil pun membutuhkan zat besi yang sangat tinggi. Lagi-lagi, kandungan ini bisa anda dapatkan dari ikan dan susu, dua sumber zat besi terbaik selain bayam dan jenis sayuran hijau lainnya. Selain itu, zat besi pun bisa anda dapatkan dari hati ayam, telur dan lainnya.

Untuk memaksimalkan proses penyerapan zat besi dalam tubuh, anda sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C, terutama kandungan vitamin C yang berasal dari buah-buahan segar, seperti jambu, jeruk dan lainnya.

Intinya, susu dan ikan merupakan makanan dengan kandungan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. So, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi kedua bahan makan tersebut!

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya