CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.

Kenalan Yuk Sama Fenomena Kehamilan Susulan Superfetation

icon-small-fun-fact
Fun Fact
Monday, 10 Apr 2017

Mengalami masa hamil yang sehat dan normal tentunya sudah menjadi impian bagi setiap wanita di seluruh dunia. Apalagi kalau bayi bisa lahir dengan selamat dan melalui persalinan normal. Hal tersebut merupakan kabar yang sangat membahagiakan dan paling ditunggu. Dalam dunia kehamilan, ada banyak hal dari baik hingga buruk yang terjadi dan sering dikenal masyarakat seperti bayi kembar, prematur, lahir cacat, kembar siam, dan masih banyak lagi. Namun, pernahkah Milk Lovers mendengar tentang peristiwa kehamilan susulan atau bahasa medisnya disebut Superfetation? Jenis kehamilan yang satu ini memang sangat unik dan tidak banyak diketahui orang. Jelas saja begitu, hal ini karena Superfetation sendiri hanya dialami pada hewan karena merupakan kelainan. Akan tetapi, ternyata ada beberapa kasus terjadi dimana manusia juga mengalami peristiwa kehamilan susulan.

Penyebab dari Superfetation

Superfetation merupakan keadaan dimana seorang ibu hamil yang sedang mengandung janin atau calon bayi mengalami kehamilan lagi. Itulah mengapa kondisi tersebut dikatakan sebagai kehamilan susulan yang berarti telah terjadi pembuahan lagi setelah pembuahan pertama terjadi dan berhasil membentuk embrio. Selain disebut sebagai kehamilan susulan, Superfetation juga disebut sebagai kehamilan ganda karena wanita mengandung dua janin. Keadaan ini memang hampir mirip seperti mengandung dua bayi kembar akan tetapi usianya tidak sama.

Untuk penyebabnya sendiri masih belum pasti karena para ahli medis kandungan di seluruh dunia juga belum bisa menemukannya. Akan tetapi, ada kemungkinan yang masih diperdebatkan sampai sekarang yaitu karena hubungan seks yang dilakukan ketika masa kehamilan. Itu mungkin saja terjadi walaupun buktinya sendiri belum terlalu jelas. Pasalnya, peristiwa semacam ini memang tergolong unik dan sangat langka sehingga tidak ada studi atau penjelasan sebelumnya mengenai hal tersebut.

Sangat Berbahaya Sekali

Kehamilan Superfetation sangat berbahaya sekali, terutama untuk perkembangan dari janin yang usianya lebih muda. Selain itu, usia dan pertumbuhan yang tidak sama akan membuat proses kelahirannya menjadi sulit dan beresiko besar. Mustahil apabila kedua janin dilahirkan pada saat bersamaan padahal janin kedua hasil dari kehamilan susulan masih berusia sangat muda. Jika peristiwa unik ini terjadi pada seseorang maka akan ada tindakan medis yang sebenarnya sangat beresiko. Apalagi kalau pihak orang tua tetap ingin mempertahankan keduanya. Biasanya, para dokter akan memutuskan untuk memaksa janin pertama untuk lahir terlebih dahulu apabila usia kandungannya sudah cukup siap. Resiko lainnya yang bisa terjadi akibat kehamilan ganda ini adalah bayi yang lahir prematur beresiko cacat.

Meskipun lebih sering dialami oleh hewan mamalia karena mereka memiliki dua organ uterus pada rahim, tetapi terbukti juga kalau Superfetation juga dialami manusia. Milk Lovers, ternyata sudah ada sekitar 11 kasus kehamilan susulan yang sudah dialami wanita, termasuk di Indonesia. Peristiwa ini memang unik, tetapi banyak sekali resikonya ya.

KOMENTAR

BACK TO
TOP

BE PART OF US

Stay Connected