CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.

Dibaca Tuntas Ya! Ini Manfaat Bermain Games Bagi Anak-anak

icon-small-fun-fact
Fun Fact
Wednesday, 05 Apr 2017

Bagi anak-anak, bermain gim merupakan kegiatan yang menyenangkan. Apalagi sekarang, Milk Lovers dapat memfasilitasi mereka dengan mudah melalui perangkat-perangkat canggih seperti PC atau ponsel pintar. Sayangnya, masih ada orangtua yang menganggap kalau games atau gim dapat membuat anak mereka malas belajar. Padahal, ada segudang manfaat yang dapat anak atau Milk Lovers dapatkan dari bermain gim, seperti yang dipaparkan di bawah ini.

Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris

Sebagian besar gim yang berada di PC atau ponsel pintar memakai bahasa Inggris sebagai penuturnya. Jadi, saat anak memainkan gim, secara otomatis mereka melatih diri untuk mengenal kosakata dalam bahasa Inggris dan mempelajarinya sambil bermain. Sebagai orangtua, Milk Lovers pun perlu melakukan pendampingan dan memahami materi yang dia pelajari dari gim tadi.

Mengasah Logika Anak Melalui Cerita

Untuk memainkan sebuah gim, anak pastinya harus mengetahui terlebih dahulu jalan ceritanya. Di tahap inilah logika mereka akan dilatih dan terasah seiring berjalannya gim yang mereka mainkan. Secara tidak langsung, mereka akan memahami bagaimana cerita bergulir, mempelajari sebab-akibat, bahkan dapat memprediksi kemungkinan yang akan terjadi.

Mampu Memberbaiki Suasana Hati Anak

Rutinitas belajar yang nyaris setiap anak hadapi lambat laun akan membuatnya bosan. Supaya suasana hati atau mood-nya membaik, berikan dia waktu untuk refreshing dan salah satu caranya adalah dengan bermain gim. Apalagi kalau jenis permainan yang anak mainkan memang menyenangkan dan dia sukai. Namun, Milk Lovers harus pastikan juga dia terlalu lama berkutat pada gim tadi.

Menjalin Kerja Sama dengan Rekannya

Pada gim-gim online, anak akan bertemu dengan rekan-rekan sepermainan untuk membentuk tim. Dari sana, dia akan mempelajari cara bekerja sama dengan teman-teman online-nya untuk membuat strategi dalam meraih kemenangan. Dengan begitu, anak pun secara tidak sadar mengetahui metode menjalin hubungan atau relasi dengan orang-orang baru.

Media untuk Belajar Membaca dan Berhitung

Dalam setiap gim, akan ada petunjuk-petunjuk dan skor yang harus diraih pemainnya. Anak akan diajak untuk belanja, makan di restoran, membeli produk, dan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan hitungan dan membaca. Seiring berjalannya waktu, anak pun akan mampu berhitung sendiri dan mengenal banyak kata lewat permainan tersebut.

Supaya anak mendapatkan manfaat-manfaat tadi, Milk Lovers juga harus mengawasinya saat dia sedang memainkan gim tersebut dengan baik.

KOMENTAR

BACK TO
TOP

BE PART OF US

Stay Connected