CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.

Usia Berapa Seorang Wanita Bisa Dikatakan Terlalu Tua untuk Melahirkan?

icon-small-fun-fact
Fun Fact
Monday, 13 Mar 2017

Pasti hampir semua Milk Lovers tahu kalau mengandung dan melahirkan adalah kodrat seorang wanita. Tapi ingat, ada batasan usia seorang wanita untuk mengandung dan melahirkan anak. Menurut sebuah survei di negara Inggris yang diadakan oleh sebuah acara Private Pregnancy, wanita sebaiknya berhenti untuk melahirkan ketika ia berusia 44 tahun.

Kenapa wanita sebaiknya berhenti melahirkan ketika usia 44 tahun? Salah satu penyebabnya, ketika usia sang ibu  di atas 44 tahun, kehamilannya akan memiliki risiko komplikasi kesehatan yang lebih tinggi.

Hasil survei tersebut ternyata memiliki dampak yang cukup besar karena akhirnya pemerintah Inggris memberi informasi dan edukasi kepada para wanita di negara tersebut mengenai waktu yang tepat untuk hamil dan kapan saatnya para wanita untuk berhenti untuk hamil.

Informasi dan edukasi ini dianggap sangat penting karena menurut seorang konsultan fertilitas dan spesialis program IVF (In Vitro Fertilization) di Fertility and Gynaecology Academy Inggris, Dr Amin Gorgy, info mengenai fertilitas wanita belum banyak diketahui dan banyak wanita yang merasa bahwa mereka bisa tetap hamil di usia berapa pun.

Dalam dua puluh tahun terakhir, jumlah wanita di atas usia 40 tahun yang baru berusaha untuk hamil ternyata naik 2 kali lipat. Fenomena ini muncul akibat banyaknya wanita yang sibuk mengejar karier di dunia kerja, naiknya biaya rumah tangga, kesulitan menemukan pasangan, dan berkembangnya program kehamilan.

Padahal potensi kesuburan wanita akan menurun setelah mereka berusia 35 tahun dan akan menurun lebih cepat setelah para wanita berusia 40. Dr Amin Gorgy menjelaskan, usia ideal  wanita untuk hamil adalah saat mereka berusia 20-an dan awal 30-an,” Dr Gorgy menjelaskan.

Seorang konsultan ginekologi di The Gynae Centre, Dr Alex Eskander, juga mengungkapkan bahwa fungsi ovarium wanita akan menurun secara drastis sejak usia 30 tahun dan akan menurun lebih drastis lagi setelah ia berusia 35 tahun. Jadi bisa disimpulkan, usia 44 tahun adalah usia maksimal bagi wanita untuk berusaha hamil karena jumlah sel telur yang mereka miliki sudah sangat berkurang, termasuk kualitasnya.

Kehamilan di atas usia ini berisiko mengalami kelainan kromosom dan kemungkinan keguguran. Ibu hamil juga berisiko tinggi mengalami hipertensi, pre-eklampsia, dan melahirkan dengan operasi caesar.

KOMENTAR

BACK TO
TOP

BE PART OF US

Stay Connected