CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.

Amankah Susu UHT Dikonsumsi Bayi di Bawah Usia 1 Tahun?

icon-small-manfaat-susu
Manfaat Susu
Wednesday, 01 Mar 2017

Susu UHT atau Ultra High Temperature merupakan salah satu jenis susu yang beredar di pasaran. Milk Lovers pasti sering menjumpainya di minimarket dengan kemasan berbeda dan variasi rasa yang sangat menggoda. Susu UHT juga aman dikonsumsi, karena sudah melewati serangkaian proses dan diawasi para ahli di bidangnya. Namun, meski aman dan enak, apakah susu UHT boleh dikonsumsi oleh bayi berusia di bawah 1 tahun?

Bolehkah Memberikan Susu UHT kepada Bayi?

Meski susu mengandung kalsium yang dibutuhkan anak-anak, tetapi Milk Lovers tidak boleh asal dalam memberikannya. Ada batasan porsi serta usia yang harus diperhatikan. Untuk bayi berusia 0 sampai 2 tahun, sesuai anjuran pemerintah, mereka sebaiknya tetap diberikan asupan ASI. Namun, di sisi lain, kalau bayi 6 bulan sudah tak lagi minum ASI, Milk Lovers jangan langsung memberikan susu UHT, karena jenis susu ini baru aman dikonsumsi anak berusia di atas satu tahun. Menurut dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, di situs family.fimela.com, setidaknya ada empat jenis susu yang dibagi berdasarkan prosesnya. Antara lain susu segar dari ASI dan non-ASI (biasanya dari susu sapi, kambing, dan hewan lainnya selama diperah dengan baik). Kemudian ada susu pasteurisasi yang harus melewati satu proses pemanasan dalam suhu 63-73oC selama kurang lebih 15 detik untuk memusnahkan bakteri patogen. Selanjutnya ada susu bubuk yang diproses dari susu segar menggunakan atau tanpa fortifikasi nutrisi tambahan untuk kemudian dikeringkan. Terakhir ada susu UHT yang diproses lewat pemanasan dalam temperatur tinggi (sekitar 135-140oC) selama kurang lebih 2-4 detik.

Si Kecil yang sudah menginjak usia satu tahun lebih memerlukan makanan padat sebagai sumber nutrisi utama dan susu sebagai nutrisi pelengkap kebutuhan hariannya. Susu UHT adalah salah satu jenis susu yang paling aman diminum oleh anak, mengingat susu UHT diproses tanpa memakai bahan pengawet dan nutrisi alaminya terjaga.

Proses pemanasan pada temperatur tinggi bertujuan untuk membunuh berbagai mikroba yang terdapat di dalam susu. Sedangkan waktu pemanasan yang singkat akan menjaga kandungan nutrisi alaminya. Dengan kemasan aseptik 6 lapis, nutrisi alami dan kualitas susu UHT terjaga selama 10 bulan tanpa pengawet.

Selain diminum langsung, susu UHT pun dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis hidangan, lho, Milk Lovers. Misalnya puding dan kue susu yang pastinya akan disukai si Kecil dan bermanfaat bagi pertumbuhannya.

KOMENTAR

BACK TO
TOP

BE PART OF US

Stay Connected