CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
Awas, Ini Bahaya Membersihkan Kotoran Telinga dengan Cotton Bud!

Awas, Ini Bahaya Membersihkan Kotoran Telinga dengan Cotton Bud!

Tips Kesehatan
Tips Kesehatan
Thursday, 16 Feb 2017

Saat telinga Milk Lovers terasa gatal, biasanya apa yang akan dilakukan? Tentu saja mengambil Cotton Bud lalu membersihkannya, bukan? Mungkin ini juga menjadi salah satu kegiatan yang rasanya nikmat sekali. Namun, apakah Milk Lovers tahu, ternyata membersihkan telinga dengan Cotton Bud sebenarnya tidak dianjurkan? Bahkan, terdapat resiko bahaya dari menggunakan cara ini untuk membersihkan telinga. Apa sajakah itu?

Berbahaya Untuk Gendang Telinga

Bila Milk Lovers terlalu semangat dan dalam membersihkan telinga dengan menggunakan Cotton Bud, ada resiko akan dapat melukai gendang telinga. Dan, bila hal ini terjadi bisa menyebabkan kerusakan permanen pada gendang telinga. Akibatnya, Milk Lovers kehilangan kemampuan untuk mendengar.

Gangguan Pada Lubang Telinga

Lubang telinga, jalur dimana suara masuk untuk ditangkap organ pendengaran dalam telinga Milk Lovers juga dapat terganggu. Hal ini terjadi, bila kapas pada Cotton Bud yang digunakan lepas dan tersangkut di lubang telinga. Meskipun hanya sedikit, tapi bila sisa-sisa kapas ini menumpuk di lubang telinga, maka Milk Lovers tidak akan bisa mendengar suara.

Hilangnya Pelumas Telinga

Saat Milk Lovers membersihkan telinga hingga kesat dan bersih, maka Milk Lovers juga menghilangkan pelumas untuk telinga Milk Lovers. Pelumas ini berfungsi untuk membuat suara dapat diterima dengan baik. Selain itu, pelumas ini juga berfungsi untuk melindungi telinga Milk Lovers dari serangga. Serangga yang akan masuk akan terjebak di pelumas ini dan tidak akan bisa mengganggu telinga Milk Lovers. Jadi, dengan menghilangkan pelumas ini secara menyeluruh, serangga akan dapat masuk dan menggigit atau lebih buruknya, berkembang biak didalam telinga Milk Lovers.

Selain itu, pelumas telinga ini juga berfungsi seperti antibiotik. Pelumas ini akan melindungi telinga bagian dalam dari bahaya jamur, bakteri dan mikroorganisme lainnya yang dapat menyebabkan gangguan. Jadi, sebaiknya, Milk Lovers jangan terlalu sering membersihkan telinga, agar fungsi ini tidak hilang.

Memang, pelumas telinga yang juga disebut kotoran oleh sebagian besar orang berguna untuk melindungi dan membuat fungsi telinga Milk Lovers bekerja secara normal. Namun, bila hal ini diproduksi secara berlebihan, maka memang dibutuhkan proses pembersihan. Untuk membersihkan, disarankan menggunakan kain lap yang bersih yang dibasahi dengan air hangat. Atau, untuk lebih amannya, Milk Lovers dapat mengunjungi dokter THT untuk membersihkannya. Tapi, pada dasarnya, telinga dapat membersihkan kotoran telinga berlebihan secara otomatis. Jadi, Milk Lovers tidak perlu khawatir.
 

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya