CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.

Kurang Zat Besi Ternyata Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran

icon-small-tips-kesehatan
Tips Kesehatan
Sunday, 12 Feb 2017

Kekurangan zat besi di dalam aliran darah biasanya akan menyebabkan anemia yang membuat tubuh menjadi lemas, letih, dan lesu. Selain masalah anemia, kekurangan zat besi juga menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Hal ini dikarenakan fungsi zat besi termasuk krusial yaitu untuk membantu proses pengangkutan oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh dan juga otak.

Berpotensi Menyebabkan Gangguan Pendengaran

Di dalam sebuah penelitian terbaru, kekurangan zat besi ternyata diklaim mampu mempengaruhi pendengaran Milk Lovers. Penelitian ini sudah dilakukan secara valid dengan menganalisis lebih 300.000 sampel. Penderita anemia yang kekurangan zat besi ternyata juga didiagnosis mengalami gangguan pendengaran. Ini merupakan fakta dan penemuan terbaru yang berkaitan langsung dengan defisiensi zat besi pada aliran darah.

Gangguan pendengaran ini terdiri dari beberapa macam. Gangguan pertama adalah gangguan pendengaran sensorineural. Gangguan ini terjadi akibat terjadinya kerusakan telinga di bagian dalam, dan kerusakan syaraf telinga ke otak yang mengakibatkan kerusakan otak. Gangguan kedua adalah gangguan pendengaran yang bersifat konduktif. Gangguan ini terjadi saat gelombang suara tak mampu diterima dengan baik oleh telinga sehingga pendengaran mulai terganggu. Gangguan ketiga adalah gangguan pendengaran kombinasi yaitu perpaduan antara gangguan pendengaran sensorineural dan konduktif.

Penderita Anemia Lebih Beresiko

Bagi Milk Lovers yang mengalami anemia, sebaiknya lebih waspada lagi. Anemia dengan defisiensi zat besi ternyata bersiko 2.4 kali lebih tinggi terkena gangguan pendengaran baik itu sensorineural ataupun konduktif dibandingkan Milk Lovers yang tak menderita anemia. Bagi Milk Lovers yang mengalami kekurangan zat besi, ternyata juga beresiko 1.8 kali lipat untuk terkena gangguan pendengaran sensorineural. Ini harus diwaspadai secara seksama oleh penderita anemia.

Gangguan pendengaran sensorineural ini bisa terjadi akibat kerusakan pada pembuluh darah kecil pada telinga. Kerusakan ini berkaitan dengan kekurangan zat besi di dalam aliran darah. Kekurangan zat besi juga bisa merusak myelin yang membungkus sel – sel syaraf termasuk syaraf yang menghubungkan telinga ke otak. Jika dibiarkan terus menerus kekurangan zat besi, maka Milk Lovers harus mengantisipasi resiko terburuk tersebut. Sebaiknya Milk Lovers meningkatkan asupan zat besi di dalam tubuh dengan makan makanan kaya zat besi seperti asparagus, bayam, dan lain – lain. Milk Lovers juga bisa memenuhi kebutuhan zat besi dari suplemen khusus zat besi agar terhindar dari anemia dan resiko terkena gangguan pendengaran.

KOMENTAR

BACK TO
TOP

BE PART OF US

Stay Connected