CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.

Benarkah Susu Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Sendi?

icon-small-manfaat-susu
Manfaat Susu
Tuesday, 03 Nov 2015

Ketika usia terus bertambah banyak masalah kesehatan yang mengintai manusia. Satu di antaranya ialah menyangkut masalah sendi dan tulang yang identik dengan osteoporosis. Untuk meminimalisir potensi buruk, pakar kesehatan sering meyarankan melakukan beberapa cara. Seperti rajin mengonsumsi susu setiap hari agar bisa memperbaiki serta melindungi sendi dan tulang.

Sama halnya dengan tulang yang menyokong tubuh kita, sendi juga berperan dalam menunjang gerak dan aktivitas sehari-hari. Jika sendi bermasalah, milk lovers bisa kesulitan melakukan beragam kegiatan. Jadi, agar sendi berfungsi optimal kamu perlu menjaga kesehatannya seperti rajin minum susu. Kenapa susu?

Seperti sering diinfokan, susu adalah sumber kalsium terbaik untuk tubuh manusia. Selain itu, susu juga mengandung magnesium, zinc, vitamin dan mineral lain yang berperan penting untuk tulang dan sendi. Pun demikian dengan produk olahan susu seperti yoghurt, keju atau es krim. Khasiat susu ini bisa didapat dari jenis susu nabati atau hewani.

Jadi, jika ada pertanyaan benarkah susu bisa membantu menjaga kesehatan sendi? Jawaban secara umum adalah ‘ya’ karena kandungan mineral di dalam susu. Tapi, buat milk lovers yang memiliki masalah kesehatan lain wajib konsultasi dulu dengan dokter. Sangat disarankan untuk tidak sembarangan mengonsumsi susu dan memilih yang tepat.

Pasalnya ada sejumlah penyakit yang melarang mengonsumsi susu. Satu di antaranya ialah penderita arthritis yang bisa memperburuk persendian bila mengonsumsi susu. Jadi, jangan sampai salah langkah dan salah pilih susu, agar sendi dan tulang tetap terjaga kesehatannya.

Imbangi dengan Makanan dan Cara Lain untuk Menjaga Kesehatan Sendi

Susu memang sangat efektif dan bermanfaat untuk sendi dan tulang, tapi bukan satu-satunya. Kamu perlu menerapkan gaya hidup sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara tepat. Khususnya mengetahui makanan dan hal-hal apa saja yang berkontribusi menjaga persendian.

Dari berbagai sumber, banyak pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau, makanan bervitamin C, ikan laut seperti salmon dan sebagainya. Milk lovers juga dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam, gula dan rajin berolahraga. Selain itu, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan seperti:

  • Rutin jalan santai minimal 3 kali seminggu untuk menguatkan sendi lutut dan otot punggung.
  • Latihan dan olahraga tertentu, misalnya berenang, bersepeda, jogging, squat, leg curl dan sebagainya.
  • Usahakan tubuh tetap tegak saat berdiri dan duduk. Selain itu hindari busana terlalu ketat dan pilih pakaian yang membuatmu nyaman.
  • Pertahankan berat badan ideal dan berhenti merokok karena hal ini bisa memperlemah sendi, otot dan tulang.

Selain yang disebutkan di atas, banyak tips dan cara menjaga persendian tetap sehat. Semua hal tersebut tentu sambil membiasakan diri mengonsumsi susu kaya kalsium dan rendah lemak setiap hari.

KOMENTAR

BACK TO
TOP

BE PART OF US

Stay Connected